Perbaikan strategi pemasaran sapi Brahman Cross, Peranakan Limousin, dan Peranakan Simental di PT. Tunas Jaya Raya Abadi Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.25047/animpro.2021.10Keywords:
Analisis SWOT, sapi potong, pemasaranAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran di PT Tunas Jaya Raya Abadi Nganjuk. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat bantu dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dioperoleh dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi lingkungan di PT Tunas Jaya Raya Abadi Nganjuk sangat baik. Hal ini berdasarkan pada matriks faktor strategi internal yang menunjukkan nilai positif (+), nilai kekuatan lebih besar daripada kelemahan (S=2,22 > W=0,68). Matriks faktor eksternal menunjukkan bahwa nilai positif di mana nilai peluang lebih besar daripada ancaman (O=2,78 > T=0,71). Kondisi lingkungan di PT Tunas Jaya Raya Abadi sangat baik untuk dilakukan usaha, dengan skor total faktor peluang (SO=5). Penentuan strategi yang sesuai yaitu dengan menerapkan selective strategy. Strategi SO yang dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen dengan cara bersikap santun, melayani secara intesif, dan sabar dalam melayani keinginan konsumen serta menjalin hubungan yang baik kepada konsumen dengan menjaga kualitas sapi yang dijual.
Downloads
References
Adinata, K.I., Sari A.I, dan Rahayu E.T. (2012). Strategi Pengembangan Usaha Sapi Potong di Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Tropical Animal Husbandry, 1(1), 24 – 32.
Aisyah, S. A., Sanim, B., & Maulana, A. (2013). Studi Kasus CV Mitra Tani Farm. 109–116.
Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel. 2(2), 140–148.
Amelia, T., & Priyana, F. P. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Manis Bakery. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya. 5(1), 23. https://doi.org/10.30656/intech.v5i1.1067
Astati, Suarda, A., Supardi Indah Fatmah. (2016). Strategi Pemasaran Sapi Potong. 3, 36–63.
D, C., Ma, A., Martı, D., Colinet, F., Duclos, D., Hiemstra, S. J., Gandini, G. (2013). The Use of SWOT Analysis to Explore and Prioritize Conservation and Development Strategies for Local Cattle Breeds. 885–894. https://doi.org/10.1017/S175173111200242X
Febrianto, N., Putritamara, J. A., & Satria, A. T. (2020). Identifikasi Potensi Wilayah Kabupaten Nganjuk sebagai Sentra Pengembangan Produksi Sapi Potong. 18(10), 200–207.
Gurel, Emet dan T, Merba A. T. (2017). SWOT Analysis: A Theoritical Review. Journal of Social Research. 10(51), 994-1006.
Kasus, S., Pt, P., International, A., Daihatsu, T., & Noor, S. (2014). Daihatsu Luxio di Malang. (2).
Koesmara, H., Nurtini, S., & Budisatria, I. G. S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Margin Pemasaran Sapi Potong Dan Daging Sapi Di Kabupaten Aceh Besar. Buletin Peternakan, 39(1), 57. https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v39i1.6160
Nazarudin, R., Suryahadi dan Sarma M. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Peternakan Ayam CV Intan Jaya Abadi Sukabumi. Jurnal Manajemen IKM, 6(2), 125-132.
Ningsih, U. W., Hartono, B., & Nugroho, E. (2017). Analisis pemasaran sapi potong melalui analisis marjin, transmisi harga, struktur pemasaran, perilaku pemasaran dan kinerja pemasaran. 27(1), 1–11.
Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.
Oreski, D. (2012). Strategy development by using SWOT – AHP. TEM Journal, 1(4), 283–291. http://www.academia.edu/3019214/Strategy_development_by_using_SWOT_-_AHP
Osita, I., Onyebuchi, I., & Nzekwe, J. (2014). Organization’s Stability and Productivity: The Role of SWOT Analysis an Acronym for Strength, Weakness, Opportunities and Threat. International Journal of Innovative and Applied Research, 2((9): 23-32), 1–12. http://www.journalijiar.com
Purnomo, S.H., Intan Sari, A., Emawati, S., & Tri Rahayu, E. (2020). Determining strategy of beef cattle development in Karanganyar Regency, Central Java, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 518(1), 012054. https://doi.org/10.1088/1755-1315/518/1/012054
Putritamara, J. A., Febrianto, N., & Ndaru, H. (2018). Strategi pemasaran sapi potong di PT. Tunas Jaya Raya Abadi Nganjuk. 28(2), 96–104. https://doi.org/10.21776/ub.jiip.2018.028.02.01
Sarma, P. K., & Raha, S. K. (2015). Strategies of Beef Cattle Development Enterprise in Selected Areas of Bangladesh. 3(4), 124–132. https://doi.org/10.13189/aeb.2015.030402
Selatan, S., Cattle, B., In, M., Komering, O., Regency, I., & Sumatera, S. (2013). Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. 37(1), 49–58.
Siregar, G. (2012). Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi potong. Agrium, 17(3), 192–201. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15003161%5Cnhttp://cid.oxfordjournals.org/lookup/doi/10.1093/cid/cir991%5Cnhttp://www.scielo.cl/pdf/udecada/v15n26/art06.pdf%5Cnhttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84861150233&partnerID=tZOtx3y1
Suarda, A. (2009). Jurusan Peternakan Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. 9(2), 115–118.
Sumantri, J., Kusumastuti, T. A., & Widiati, R. (2013). Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Buletin Peternakan, 37(1), 49. https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v37i1.1959
Sarma, P. K., & Raha, S. K. (2015). Strategies of Beef Cattle Development Enterprise in Selected Areas of Bangladesh. Advances in Economics and Business, 3(4), 124–132. https://doi.org/10.13189/aeb.2015.030402
Yuniar, P. S., Fuah, A. M., Studi, P., & Perencanaan, I. (2015). Analisis Potensi Pengembangan Peternakan Sapi Potong di Kota Tangerang Selatan. 03(2), 106–112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Niswatin Hasanah, Zulfa Isnaini, Suci Wulandari, Dyah Laksito Rukmi, Nanang Dwi Wahyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.