Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) Terhadap Produk Minuman Kopi di Kafe Harsa Tea
DOI:
https://doi.org/10.25047/agropross.2024.695Kata Kunci:
Kepuasan Pelanggan, Bauran Pemasaran 4P, Customer Satisfaction Index (CSI)Abstrak
Mengingat meningkatnya persaingan bisnis yang meningkat mengakibatkan para pebisnis harus memikirkan kualitas dari bisnisnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dalam sebuah bisnis menjadi sebuah prioritas penting, karena hal itu adalah indikator dari sebuah keberhasilan sebuah bisnis. Penelitian ini dilakukan karena penulis ingin mengetahui tingkat kepuasan dari konsumen dalam mengonsumsi produk minuman kopi satu-satunya di kedai teh bernama kafe harsa tea. Metode dalam penelitian ini menggunakan customer satisfaction index (CSI) sebagai alat ukur mengetahui seberapa besar kepuasan pelanggan terhadap minuman kopi tersebut. Hasil dari olahan data ‘customer satisfaction index (CSI) adalah 82,27%, angka ini menunjukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk minuman kopi di kafe harsa tea berada pada level “sangat puas”.
Unduhan
Referensi
Badan Pusat Statistika (BPS). (2022). Statistik Daerah Kabupaten Jember. Kabupaten Jember.
Pranata, dkk. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di Voltvet Eatery and Coffee menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Bandung. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri ISSN : 2503-488X Vol. 7, No. 4, 594-603.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dian Galuh Pratita, Meita Ergy Sisilli, Ujang Setyoko, Annisa Lutfi Alwi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta (Copyright) artikel yang dipublikasikan di Agropross : National Conference Proceedings of Agriculture dipegang oleh penulis (Copyright by Authors) di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). Sehingga penulis tidak memerlukan perjanjian pengalihan hak cipta yang harus diserahkan kepada redaksi.