Pelatihan Digital Marketing Susu Kurma di Desa Kemuning Lor Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Digital Marketing Training for Date Milk in Kemuning Lor Village as an Effort to Prevent Stunting and Improve the Community's Economy

Penulis

  • Dony Setiawan Hendyca Putra Politeknik Negeri Jember
  • Mochammad Choirur Roziqin Politeknik Negeri Jember
  • Rindiani Rindiani Politeknik Negeri Jember
  • Heri Warsito Politeknik Negeri Jember

Kata Kunci:

Stunting, Pelatihan Digital Marketing, Peningkatan Ekonomi

Abstrak

Stunting di Jawa Timur Stunting merupakan wilayah dengan prevalensi yang cukup tinggi yaitu 30,2%. Di Jember hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti, Kecamatan Arjasa merupakan tempat tertinggi peringkat 4 populasi dengan stunting balita yaitu 24,56% dari 2.866 balita yang tersebar di 6 Desa Wilayah Kecamatan Arjasa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh pengusul di posyandu Desa Kemuning Lor masih ditemukannya balita yang mengalami kasus stunting di Desa Kemuning Lor. Dibalik permasalahan di Desa Kemuning Lor Arjasa terdapat potensi positif yaitu penghasil susu sapi perah. Mayoritas pekerjaan penduduk disana adalah sebagai peternak sapi perah dan petani. Hal ini sangat mendukung tim pengusul dalam melaksanakan pengabdian masyarakat untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan serta praktek langsung tentang pembuatan/pengolahan susu kurma “SUKUR” untuk mencegah naiknya kasus stunting di kabupaten Jember. Susu murni banyak mengandung gizi yang sangat baik untuk tumbuh kembang balita terutama balita dengan gizi buruk atau kurang dan mudah di dapatkan di Desa Kemuning Lor. Kandungan gizi susu murni sebanding dengan gizi hewani yang lain meskipun harganya relatif lebih murah. Rangkaian kegiatan yang telah dilaksankan oleh tim pengusul, antara lain: 1) Sosialisasi tentang stunting dan upaya pencegahan dalam keluarga; 2) Pelatihan pembuatan packaging, PIRT/BPOM, serta online marketing; 3) Evaluasi dan monitoring. Masyarakat sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dan terbukti setelah pelatihan pembuatan susu kurma selesai, masyarakat langsung membuat susu kurma secara berkelompok karena sudah banyak yang memesan susu kurma melalui pemasaran media online

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hutabarat, E. N. (2022). Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Journal of Health and Medical Science, 158-163.

WHO, “World health statistics 2019: monitoring health for the SDGs, sustainable development goals,” Geneva, 2019.

Kemenkes RI, “Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2018,” Jakarta, 2018.

Fajaria Kartikawati; Puji Rahayu, “Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunted Growth pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember,” Universitas Jember, 2011.

Selviyanti, E., Roziqin, M. C., Putra, D. S. H., & Noor, M. S. (2022, February). Intelligent Application of Stunting Monitoring and Mapping Systems (Smart Ting) in Toddlers Based on Android in Jember. In 2nd International Conference on Social Science, Humanity and Public Health (ICOSHIP 2021) (pp. 147-157). Atlantis Press.

Putra, D. S. H., Wiryawan, I. G., Pristiwaningsih, E. R., Mulyadi, E., Destarianto, P., & Agustianto, K. (2022, February). Development of Malnutrition Early Detection Application in Toddlers based on Geographic Information System. In 2nd International Conference on Social Science, Humanity and Public Health (ICOSHIP 2021) (pp. 175-181). Atlantis Press.

Aurumajeda, T., & Kurniawan, R. A. (2022). Perancangan Branding Umkm “Neng Queen” Sebagai Identitas Usaha Susu Kurma Di Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif, 4(2), 45-50.

Rahmadhita, K. (2020). Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(1), 225-229.

Laili, U., & Andriani, R. A. D. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(1), 8-12.

F. O. Aridiyah, N. Rohmawati, and M. Ririanty, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Balita di Wilayah Pedesaan dan Perkotaan (The Factors Affecting Stunting on Toddlers in Rural and Urban Areas),” Pustaka Kesehatan; Vol 3 No 1, vol. 3, no. 1, pp. 163–170, Jan. 2015.

Komalasari, K., Supriati, E., Sanjaya, R., & Ifayanti, H. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Kejadian Stunting Pada Balita. Majalah Kesehatan Indonesia, 1(2), 51-56.

“Metode Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat,” 2017, doi: 10.17605/OSF.IO/R3EV2.

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., ... & Indah, S. R. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839.

Alfina, A., Khoirina, M. M., & Nastiti, T. A. (2020). Pelatihan Digital Marketing bagi Entrepreneur Di Kota Gresik. Jurnal Abdidas, 1(6), 797-804.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-11

Cara Mengutip

Putra , D. S. H., Roziqin, M. C. ., Rindiani , R. ., & Warsito , H. . (2024). Pelatihan Digital Marketing Susu Kurma di Desa Kemuning Lor Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat : Digital Marketing Training for Date Milk in Kemuning Lor Village as an Effort to Prevent Stunting and Improve the Community’s Economy. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 113–119. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/589

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.