Diseminasi Optimasi Stok Menggunakan Metode Probabilistic Neural Network Dan Teknik Dominasi Pasar Pada Badan Usaha Milik Desa Balung Kulon

Penulis

  • Adi Heru Utomo Politeknik Negeri jember
  • Mukhamad Angga Gumilang Politeknik Negeri jember
  • Arisona Ahmad Politeknik Negeri jember

Kata Kunci:

Badan Usaha Milik Desa, Digital Marketing, Probabilistic Neural Network (PNN)

Abstrak

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Balung Kulon merupakan salah satu BUMDes dengan kinerja terbaik di Kabupaten Jember. Unit usaha yang dikelola BUMDes adalah unit pengolahan sampah dan kerajinan kayu. BUMDes Balung Kulon saat ini mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya dan menentukan harga jual produk yang dapat bersaing dengan kompetitor. BUMDes saat ini dominan menggunakan metode pemasaran konvensional. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan aplikasi web yang dapat membantu BUMDes mendapatkan informasi harga pasar saat ini, mendapatkan rekomendasi pasar untuk produk kerajinan dan pengelolaan sampah, serta menemukan pasar terdekat dari lokasi BUMDes, yang dapat meningkatkan omset pemasaran secara online dengan mendominasi pasar internet dengan jejaring sosial Facebook. Hasil pengabdian bagi BUMDes Balung Kulon adalah peningkatan kualitas SDM melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan, pemberian aplikasi web dapat memudahkan dalam melakukan estimasi jumlah penjualan produk di masing-masing pasar serta dapat digunakan oleh BUMDes untuk melakukan optimasi stok produk yang harus tersedia sesuai permintaan pasar dan peningkatan jumlah omzet penjualan dari pengrajin yang berada pada BUMDes Balung Kulon

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. R. Aprillia, D. Cahyono, and A. S. Nastiti, “Systematic Literature Review (SLR): Keberhasilan dan Kegagalan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES),” J. Akunt. Terap. dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 35–44, 2021.

A. H. Utomo, M. A. Gumilang, and E. Sugiartono, “Penerapan Metode Dominasi Pasar Produk UMKM Pada Facebook Marketplace Di Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember,” in Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 2021, vol. 7, no. 3, pp. 228–237.

D. Nofriansyah, C. Jatiningrum, N. Siregar, M. N. H., Butarbutar, S. Abadi, J. Jamaludin, and J. Hutahaean, Bisnis Online: Strategi dan Peluang Usaha. 2020.

A. H. Utomo, M. A. Gumilang, and A. Ahmad, “Agricultural Commodity Sales Recommendation System For Farmers Based on Geographic Information Systems and Price Forecasting Using Probabilistic Neural Network Algorithm,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2022, vol. 980, no. 1, p. 12061.

K. Agustianto, A. Purwadi, and Z. E. Fitri, “Diseminasi Sistem Informasi Geografis Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Desa Kemuning Lor Kabupaten Jember untuk Mendukung Peningkatan Perekonomian Kerakyatan Ditengah Pandemi 2019-nCoV (Covid-19),” 2020.

N. S. Wibowo, D. P. Andini, and A. Ahmad, “Pelatihan Sistem Informasi Geografis Sebaran IKM Untuk Meningkatkan Layanan DISKOPERINDAG Kabupaten Bondowoso,” Pros. Semin. Nas. Terap. Ris. Inov., vol. 7, no. 3, pp. 526–533, 2021.

Diterbitkan

2023-03-24

Cara Mengutip

Heru Utomo , A., Angga Gumilang, M., & Ahmad, A. (2023). Diseminasi Optimasi Stok Menggunakan Metode Probabilistic Neural Network Dan Teknik Dominasi Pasar Pada Badan Usaha Milik Desa Balung Kulon. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 5(1), 212–216. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/399

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama