Penerapan Iptek Bagi Masyarakat Untuk Meningkatkan Layanan Di Kelurahan Kepuharjo Lumajang Guna Menunjang Good Governance
Application of Science and Technology for the Community to Improve Services in Kepuharjo Lumajang Subdistrict to Support Good Governance
Kata Kunci:
Contactless Society, Good Governance, SOBATAbstrak
Pemerintah Desa merupakan miniatur negara dan pintu terdepan setelah keluarga dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk mendukung program pemerintah tersebut, Desa memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat. Pengabdian ini menawarkan pelayanan pembuatan surat keterangan dengan berstandar kepada teknologi dan meminimalisir interaksi langsung atau dikenal dengan istilah contactless society. Permasalahan yang ditemukan pada mitra adalah sistem informasi pelayanan pembuatan surat keterangan masih menggunakan microsoft office. Hal ini dikarenakan belum adanya Sistem Informasi Pelayanan yang dapat menangani proses pembuatan surat keterangan yang bisa dilakukan dari rumah. Kelurahan Kepuharjo Lumajang membutuhkan sistem bantu online administrasi masyarakat (SOBAT) berbasis Web dan Mobile yang dapat menjembatani interaksi antara masyarakat dengan petugas kelurahan untuk membuat surat keterangan. Terdapat beberapa surat keterangan yang biasanya dibuat oleh kelurahan, diantaranya surat keterangan usaha, surat keterangan domisili, surat keterangan belum menikah, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan kematian, surat keterangan kelahiran, dan surat keterangan yang lain.Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan layanan di Kelurahan Kepuharjo Lumajang guna menunjang Good Governance. Sistem yang kami rancang akan menjembatani masyarakat, ketua RT, ketua RW, dan petugas Kelurahan dalam proses pembuatan surat keterangan di Kelurahan Kepuharjo Lumajang. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra antara lain: Sehingga tujuan dari pengabdian untuk menjembatani masyarakat dengan petugas kelurahan sehingga proses pembuatan surat dapat dilakukan tanpa harus ada interaksi langsung bisa terwujud
Unduhan
Referensi
H. Sucipto, A. H. Mujianto, C. Mashuri, M. Ali, and Mahfudiyanto, “Implementasi Aplikasi E-Surat Pada Perangkat Desa,” Abidumasy, vol. 01, no. 01, pp. 34–41, 2020.
A. Syaebani, D. V. Tyasmala, R. Maulani, E. D. Utami, and S. N. Wahyuni, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat (Sira) Berbasis Website Dengan Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 59–65, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i2.446.
R. Jefri, “Teori stewardship dan good governance,” J. Ris. Ed. XXVI, vol. 4, no. 3, pp. 14–28, 2018, [Online]. Available: https://economicsbosowa.unibos.id/index.php/eb/article/view/162
M. Mudhofar, “Analisis Implementasi Good Governance Pada Pengelolaan Keuangan Desa,” J. Ris. Akunt. dan Keuang., vol. 10, no. 1, pp. 21–30, 2022, doi: 10.17509/jrak.v10i1.36763.
L. Setyowati, “Kinerja Pemerintah Desa Ngampon Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 Di Desa Ngampon Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali,” Solidaritas, vol. 6, 2022.
G. Setyaningsih, “Perancangan Aplikasi E-surat Berbasis Mobile pada Pemerintahan Desa Kedunggede Kecamatan Lumbir,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 1430–1448, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i2.2128.
Mukhsin, “Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013,” J. Pendidik. Penabur, vol. No.21/Tahu, no. 77–78, pp. 1–8, 2019, [Online]. Available: http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal. 78-87 Peranan Teknologi Informasi.pdf
H. Husin, L. Hakim, I. Widiastuti, H. Arief Putranto, and D. W. Wijanarko, “Penerapan Sistem Informasi Desa Face To Face Di Desa Serut Kecamatan Panti Jember Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Layanan Bantuan Sosial,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 166–171, 2023, doi: 10.25047/j-dinamika.v8i1.3650.
S. A. Husin Husin, Hendra Yufit Riskiawan, “Straregi pengembangan arsip digital pda jurusan teknologi informasi Politeknik Negeri Jember,” J. Semin. Masional Terap. Ris. Inov., vol. 7, no. 1, pp. 82–90, 2021.