Pendampingan Guru MTs Baitul Hikmah Dalam Transfer Teknologi Hidroponik Kepada Siswa Untuk Persiapan Menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi
Assisting MTs Baitul Hikmah Teachers in Transferring Hydroponic Technology to Students in Preparation for becoming a Provincial-Level Adiwiyata School
Keywords:
guru, hidroponik, sekolah adiwiyataAbstract
Adiwiyata adalah salah satu program kementerian negara lingkungan hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Menjadi Sekolah Adiwiyata merupakan tugas sekolah. MTs Baitul Hikmah Tempurejo Jember merupakan satu-satunyta MTs di Jember yang sudah menyandang sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten sejak tahun 2021, tahun 2023 MTS Baitul Hikmah telah mencanangkan untuk meraih status sebagai sekolah adiwiyata tingkat provinsi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah lahirnya trainer bidang teknik hidroponik dari guru MTs Baitul Hikmah, meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan guru dan siswa dalam teknik hidroponik, serta meningkatnya kesadaran guru dan siswa dan semua pihak terkait untuk menjaga lingkungan hijau meskipun dengan lahan terbatas melalui teknik hidroponik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah membekali guru teori dan praktek langsung teknik hidroponik, pendampingan oleh tim pengusul saat guru mentransfer teknologi kepada siswa dan guru yang lain di sekolah, serta pendampingan saat implementasi teknik hidroponik di sekolah. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah Guru MTs Baitul Hikmah memiliki ilmu dan keterampilan teknis budidaya secara hidroponik dan berhasil menstransfer ilmu dan keterampilannya kepada siswa. Siswa MTs Baitul Hikmah termotivasi untuk dapat berperan aktif dalam melestarikan lingkungan melalui teknik budidaya secara hidroponik baik di sekolah maupun dilingkungan rumah tempat tinggalnya
Downloads
References
Kementrian Negara Lingkungan Hidup, Panduan Adiwiyata, 2009, Wujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, halaman 9.
Pelita Investigasi, 2021, SMPN 1 Kencong Peraih Sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri Oleh Menteri KLH, https://pelitainvestigasi.com/2021/12/07.
Endang Haris, 2018, Sekolah Adiwiyata Panduan Implementasi Adiwiyata Mandiri Di Sekolah , Erlangga, Jakarta, halaman 5.
MTs Baitul Hikmah, 2022, Visi dan Misi MTs Baitul Hikmah, http://20237842.siap-sekolah.com/sekolah-profil/sekolah-visi/
Hadi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember, Skripsi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
Riyanto, S (2022), Kelebihan dan Kelemahan Sistem hidroponik Deep Flow Technique (DFT), https://legioma.republika.co.id/posts/55242/kelebihan-dan-kelemahan-sistem-hidroponik-deep-flow-technique-dft