Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMP melalui Workshop Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Improving the Competency of Middle School Mathematics Teachers through a Workshop on Preparing Independent Curriculum Teaching Modules

Penulis

  • Ika Kurniasari State University of Surabaya
  • Nonik Indrawatiningsih State University of Surabaya
  • Yulia Izza El Milla

Kata Kunci:

kompetensi guru matematika, modul ajar, kurikulum merdeka

Abstrak

Modul ajar merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam menyongsong terselenggaranya kurikulum Merdeka, guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Namun demikian, masih banyak guru yang merasa kesulitan dalam menyusun modul ajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Oleh karena itu, diadakan kegiatan workshop penyusunan modul ajar kurikulum merdeka dengan tujuan agar guru mengetahui tentang komponen-komponen yang ada dalam modul ajar kurikulum merdeka serta dapat menyusun modul ajar kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah brainstorming, diskusi dan workshop penyusunan modul ajar. Brainstorming tentang kurikulum sebelum dan saat ini, diskusi terkait pengetahuan tentang modul ajar kurikulum merdeka, sedangkan workshop dilakukan untuk pendampingan penyusunan modul yang dilakukan oleh guru. Kegiatan ini diikuti oleh para guru SMP di Kabupaten Magetan. Hasil kegiatan ini membawa dampak yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil skor rata-rata untuk pretes, yaitu 47,69 sedangkan skor rata-rata postes yaitu 80,76 sehingga peningkatannya sebesar 33,07. Hasil angket/kuisioner menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata hasil kuisioner dari para peserta adalah 4,45 artinya peserta memberikan respon dengan kriteria “Sangat Baik.  Selain itu, dari hasil workshop menghasilkan produk modul ajar matematika yang bisa diimplementasikan di kelas

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kemendikbudristek, “Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran,” hal. 112, 2022.

R. Vhalery, A. M. Setyastanto, dan A. W. Leksono, “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur,” Res. Dev. J. Educ., vol. 8, no. 1, hal. 185, 2022, doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718.

V. Nomor dan E. R. Salamah, “Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan penyusunan modul ajar siswa sekolah dasar berbasis kurikulum merdeka,” Rengganis J. Pengabdi. Masy., vol. 3, hal. 28–35, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/307/308.

F. Dini, P. Nesri, Y. D. Kristanto, dan U. Sanata, “Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Abad 21 memberikan banyak peluang bagi dunia pendidikan untuk be,” Aksioma, vol. 9, no. 3, hal. 480–492, 2020.

A. Sulistiawati, A. Khawani, J. Yulianti, A. Kamaludin, dan A. Munip, “Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu,” J. Fundadikdas (Fundamental Pendidik. Dasar), vol. 5, no. 3, hal. 195–208, 2023, doi: 10.12928/fundadikdas.v5i3.7082.

U. Maulinda, “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka,” Tarbawi, vol. 5, no. 2, hal. 130–138, 2022.

S. Patilima, “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Dasar, vol. 0, no. 0, hal. 228–236, 2022.

D. Rhamdan, A. Kule, dan S. M. Al Wahid, “Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss pada Peserta Didik),” J. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 9, no. 2, hal. 432–446, 2021, doi: 10.47668/pkwu.v9i2.263.

B. Kusumawardhana, M. Hudah, D. F. Setiawan, F. A. Widiyatmoko, dan I. F. Royana, “Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru PJOK Kota Semarang,” J. Pengabdi. Olahraga Masy., vol. 3, no. 2, hal. 82–88, 2022, doi: 10.26877/jpom.v3i2.13926.

D. Setiawati dan Mayasari, “soft skill . Soft skill,” Scioentific Journals Econ. Educ., vol. 5, no. 1, hal. 1–42, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-12

Cara Mengutip

Kurniasari, I. ., Indrawatiningsih, N. ., & El Milla, Y. I. . (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMP melalui Workshop Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka: Improving the Competency of Middle School Mathematics Teachers through a Workshop on Preparing Independent Curriculum Teaching Modules. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 190–194. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/602

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.