Peningkatan Literasi Digital pada Pengelola Desa Wisata Kemiri

Digital Literacy Improvement on Desa Wisata Kemiri Managements

Penulis

  • Julien Arief Wicaksono Politeknik Negeri Jember
  • Degita Danur Suharsono
  • Mushthofa Kamal
  • Gullit Tornado Taufan
  • Rizqi Febrian Pramudita
  • Anisa Casey Nabila

Kata Kunci:

Desa Wisata Kemiri, literasi digital, branding, kunjungan wisatawan

Abstrak

Desa Wisata Kemiri merupakan sebuah kawasan wisata berbasis desa yang terletak di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Secara geografis, Desa Wisata Kemiri terletak di lereng Gunung Argopuro dengan ketinggian 600—1250 mpdl (meter dari permukaan laut). Ada beberapa destinasi yang menjadi daya tarik wisata di Desa Wisata Kemiri, antara lain Kampung Kemiri, JCC (Jember Coffee Center), Wisata Kebun Jeruk, Wisata Kebun Kopi, Wisata Industri Kreatif, Café Sawah, Wisata Museum Banjir Bandang, dan Kemiri Trail Adventure. Pada saat pertemuan awal dengan  Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Jember, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kemiri selaku pengelola Desa Wisata Kemiri mencoba mengidentifikasi persoalan dalam pengelolaan dan pengembangan Desa Wisata. Persoalan tersebut mengerucut pada perlunya peningkatan kompetensi literasi digital pengelola untuk digitalisasi dan branding Desa Wisata Kemiri. Dengan adanya kendala yang telah diidentifikasi Pokdarwis Desa Wisata Kemiri, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat mencoba untuk membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh mitra. Ada tiga tahap kegiatan yang dilakukan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat untuk menyelesaikan persoalan mitra, yaitu (1) pelatihan literasi digital untuk digitalisasi dan branding desa wisata, (2) implementasi hasil pelatihan terhadap pengelolaan Desa Wisata Kemiri, dan (3) evaluasi berkala mengenai implementasi literasi digital di Desa Wisata Kemiri. Ketiga tahap kegiatan tersebut dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi literasi digital pengelola desa wisata, sehingga dapat menaikkan pamor Desa Wisata Kemiri yang akan berdampak pada naiknya jumlah kunjungan wisatawan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. K. Jember, “Kembali Bangkit, Desa Wisata Kemiri Dan Jember Coffee Centre (JCC) Akhirnya Diresmikan,” 2021. https://www.jemberkab.go.id/2021/04/01/kembali-bangkit-desa-wisata-kemiri-dan-jember-coffee-centre-jcc-akhirnya-diresmikan/ (accessed Oct. 14, 2023).

S. Paludi, “SETAHUN PANDEMI COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP INDUSTRI PARIWISATA INDONESIA,” Equilib. J. Penelit. Pendidik. dan Ekon., vol. 19, no. 01, pp. 49–60, Jan. 2022, doi: 10.25134/equi.v19i01.4337.

Kemenparekraf, Buku Tren Pariwisata 2021. 2021. [Online]. Available: https://www.kemenparekraf.go.id/pustaka/Buku-Tren-Pariwisata-2021

Kemenparekraf, Buku Tren Pariwisata 2022-2023. 2022. [Online]. Available: https://www.kemenparekraf.go.id/pustaka/buku-tren-pariwisata-2022-2023

Z. L. Sukirno and T. Purwantoro, “Iklan Sebagai Komunikasi Krisis Pandemi Covid-19 Dalam Promosi Pariwisata,” J. Tour. Creat., vol. 6, no. 1, p. 39, Jan. 2022, doi: 10.19184/jtc.v6i1.28900.

T. S. A. Zulaikha, S. Fauzan, T. A. Z. Khadijah, and W. Fahmisyah, “Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang,” Jumat Ekon. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 168–174, Jan. 2022, doi: 10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2158.

Kominfo, RINGKASAN EKSEKUTIF SERI MODUL LITERASI DIGITAL KOMINFO-JAPELIDI-SIBERKREASI 2021-2024. 2021. [Online]. Available: https://www.lspr.edu/lppm/wp-content/uploads/2021/06/Ringkasan-Eksekutif-Seri-Modul-Literasi-Digital-Japelidi.pdf

I. N. Laba, I. M. T. Semara, and K. R. Tunjungsari, “Dampak Terpaan Informasi Media Digital terhadap Perkembangan Pariwisata dan Perilaku Masyarakat Bali,” J. Kaji. Bali (Journal Bali Stud., vol. 8, no. 2, p. 177, Oct. 2018, doi: 10.24843/JKB.2018.v08.i02.p11.

J. A. Wicaksono and G. T. Taufan, “The Art in Introducing Self: I am … rrr…,” J. English Acad. Prof. Commun., vol. 6, no. 1 SE-, Mar. 2020, [Online]. Available: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/jeapco/article/view/1508

H. D. Saraswati and S. Afifi, “Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Masa Pandemi Covid-19,” Cover. J. Strateg. Commun., 2022.

D. R. Indah and Z. M. Maulida, “EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PASCA PANDEMI COVID 19 DI KOTA LANGSA (STUDI KASUS INSTAGRAM PARIWISATA KOTA LANGSA),” Niagawan, vol. 12, no. 2, p. 85, Jul. 2023, doi: 10.24114/niaga.v12i2.44498.

C. D. Pfledderer et al., “Use of guidelines, checklists, frameworks, and recommendations in behavioral intervention preliminary studies and associations with reporting comprehensiveness: a scoping bibliometric review,” Pilot Feasibility Stud., vol. 9, no. 1, p. 161, Sep. 2023, doi: 10.1186/s40814-023-01389-w.

M. D. Bariqi, “Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 64–69, Feb. 2020, doi: 10.21107/jsmb.v5i2.6654.

A. Asnawi, F. Octrina, and J. Dwi Asri, “Penguatan Citra Destinasi Melalui Pemasaran Kota, Event Wisata dan Pemasaran Media Sosial,” Altasia J. Pariwisata Indonesia., vol. 2, no. 1, pp. 10–19, Feb. 2019, doi: 10.37253/altasia.v2i1.541.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-12

Cara Mengutip

Wicaksono , J. A. ., Suharsono , D. D. ., Kamal, M. ., Taufan , G. T., Pramudita , R. F. ., & Nabila , A. C. . (2024). Peningkatan Literasi Digital pada Pengelola Desa Wisata Kemiri: Digital Literacy Improvement on Desa Wisata Kemiri Managements . NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 220–227. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/607

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.