Game Edukasi Popular Fruit Bilingual sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di KB Nurul Kharomah Kabupaten Jember

Penulis

  • Lalitya Nindita Sahenda Politeknik Negeri Jember
  • Zilvanhisna Emka Fitri Politeknik Negeri Jember
  • Shabrina Choirunnisa Politeknik Negeri Jember
  • Prayugo Ardi Wibowo SMK PP N 1 Tegalampel, Bondowoso

Kata Kunci:

Game Edukasi, pengenalan buah, media pembelajaran

Abstrak

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Pada anak usia dini yang sedang gemar bermain, pendidikan yang didapat harus disesuaikan dengan usianya. Sehingga pendidikan yang didapat mampu menjadi stimulasi yang tepat bagi perkembangan anak, baik dari sisi fisik, psikis, sosial dan kognitif. Guru pada lembaga pendidikan anak usia dini juga dituntut untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Dikarenakan, lingkungan belajar yang menyenangkan mampu membangkitkan motivasi belajar yang pada akhirnya meningkatkan hasil belajar anak usia dini. Salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran. Media pembelajaran bagi anak usia dini juga disesuaikan dengan konsep pendidikan anak usia dini di masa kini. Saat ini anak usia dini tidak asing teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital sebagai media pembelajaran, seperti game edukasi dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Penggunaan game edukasi sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, pengabdian pada artikel ini menggunakan game edukasi Popular Fruit Bilingual sebagai media pembelajaran pengenalan buah-buahan bagi anak usia dini. Game edukasi Popular Fruit Bilingual didiseminasikan pada KB Nurul Kharomah, Kabupaten Jember

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Khaironi, "Perkembangan Anak Usia Dini," Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, pp. 1-12, 2018.

M. Kartikasari, C. A. Oktavia and R. Maulidi, "Efektivitas Game Edukasi sebagai Media Sosialisasi bagi Anak Usia Dini," in Seminar Teknologi dan Rekayasa (SENTRA), Malang, 2018.

W. Pratiwi, "KONSEP BERMAIN PADA ANAK USIA DINI," TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2, pp. 106-117, 2017.

A. Nurrahman, "Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini," Jurnal Pendidikan Anak, vol. 7, no. 2, pp. 101-105, 2018.

M. Mulyati, "Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran," Alim : Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 2, pp. 277-294, 2019.

M. A. Hidayatulloh, "Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori," Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, pp. 139-154, 2014.

S. A. Rachman, "Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar di Masa New Normal," Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 6, no. 3, pp. 480-487, 2020.

F. I. Rahman, "MEDIA PEMBELAJARAN (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar)," PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, vol. 14, no. 2, pp. 87-99, 2019.

H. T. Mashrah, "The Impact of Adopting and Using Technology by Children," Journal of Education and Learning (EduLearn), vol. 11, no. 1, pp. 35-40, 2017.

A. Juvianto and H. Agung, "Implementasi Algoritma Greedy pada Pencarian Langkah Optimal Permainan Mahjong Solitaire," JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) , vol. 1, no. 3, pp. 226-231, 2017.

R. I. Borman and Y. Purwanto, "Impelementasi Multimedia Development Live Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak," JEPIN ( Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), vol. 5, no. 2, pp. 119-124, 2019.

T. Alia and Irwansyah, "Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital," POLYGLOT: A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, vol. 14, no. 1, pp. 65-78, 2018.

R. I. Borman and E. Idayanti, "Pengembangan Game Edukasi untuk Anak Taman Kanak-Kanak (TK) dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (VAK)," JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 3, no. 1, pp. 8-16, 2018.

R. Arpiansah, Y. Fernando and J. Fakhrurozi, "Game Edukasi VR Pengenalan dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode MDLC untuk Anak Usia Dini," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, pp. 83-93, 2021.

F. Rozi and K. Khomsatun, "Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android," JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 4, no. 1, pp. 12-18, 2019.

N. Aprilia and R. Rosnelly, "Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android," Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 967-980, 2020.

Diterbitkan

2022-11-21

Cara Mengutip

Sahenda, L. N., Fitri, Z. E., Choirunnisa, S., & Wibowo, P. A. (2022). Game Edukasi Popular Fruit Bilingual sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di KB Nurul Kharomah Kabupaten Jember. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 5(1), 20–25. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/364

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.