Pelatihan Pembelajaran Aplikasi ARIOT Sebagai Media Permainan Edukasi Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Tuna Rungu

Penulis

  • Trismayanti Dwi Puspitasari Politeknik Negeri Jember
  • Leli Kurniasari Politeknik Negeri Jember
  • Arvita Agus Kurniasari Politeknik Negeri Jember
  • Bhennita Sukmawati Politeknik Negeri Jember
  • Umi Salmah SLBN 1 Jember

Kata Kunci:

Augmented Reality, Media Permainan Edukasi, Tuna Rungu

Abstrak

Sekolah Luar  Biasa  (SLB)  merupakan  pendidikan  bagi  peserta  didik  yang  memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena berkebutuhan khusus fisik,emosional,  mental  sosial,  tetapi  memiliki  potensi  kecerdasan  dan  bakat  istimewa. Salah satu sekolah luar biasa di Kabupaten Jember yaitu Sekolah Luar Biasa Negeri yang berlokasi di Jl. dr. Subandi Gg. Kenitu No. 56, Patrang, Kec. Patrang, Kab. Jember Prov. Jawa Timur. Hasil Wawancara juga telah dilakukan untuk melakukan analisa situasi kepada Kepala Sekolah yaitu Ibu Umi Salmah. Salah satu permasalahan yang dihadapi yaitu pada siswa tuna rungu yang mengalami hambatan dan gangguan komunikasi verbal baik secara ekspresif dan reseptif sehingga pesan yang disampaikan dan yang diterima banyak mengalami kesalahpahaman makna. Sehingga diperlukan metode pembelajaran yang visual, komunikatif dan menarik untuk dapat mudah dipahami oleh penyandang tunarungu. Solusi yang telah dilakukan yaitu menggunakan pembelajaran Augmented Reality (AR) berbasis android. Sehingga diharapkan dapat mengilustrasikan materi yang dijelaskan dengan baik. Edukasi pertanian terkini dipilih sebagai objek, hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi, pembekalan dan menumbuhkan semangat berkarya menjadi wirausaha setelah lulus sekolah. Pengabdian ini menyelesaikan permasalahan prioritas pada mitra terkait kesejahteraan di masa yang akan datang dengan meningkatkan pengetahuan dan pendidikan serta kualitas hidup pada kemandirian ekonomi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. Yosiani, “Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita dengan Pola Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa,” Journal Graduate Unpar, vol. 1, no. 2, pp. 111–124, July 2014.

S. Awaliah and D. T. Seabtian, “Pembaruan Teknologi Informasi Pendidikan Sekolah Luar Biasa (Slb) Di Kotawaringin Timur Studi Kasus Slb Negeri 1 Sampit,” Jurnal IKRA-ITH, vol. 5, no. 2, pp. 93–98, July 2021.

E. W. Rohmatrismaysi and Harmanto, “Strategi Guru dalam Mengembangkan Karakter Percaya Diri dan Tanggung Jawab Siswa di SLB Cendekia Kabuh-Jombang,” Kajian Moral dan Kewarganegaraan, vol. 05, no. 1, pp. 166–180, 2017.

Y. Y. Setiawan, M.M.I.B. Bsy, N.L. Fitriyah “Metode Maternal Reflektif dan Media Visual sebagai Alternatif Pembelajaran Salat Pada Siswa Tuna Rungu,” vol 5, no. 2, pp. 184-209, Oct 2020.

B. Sukmawati, N. Citra, and K. Yulinda, “Media Edukasi Video Animasi terhadap Pemahaman Mahasiswa Tuna Rungu Pada Mata Kuliah Psikologi ABK,” JOEAI (Journal of Education and Instruction, vol. 5, no. 1, pp. 320–327, 2022.

B. Sukmawati, N. Mariatul Ulfa, and Sugihartatik, “Kesulitan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar dimasa Pandemi Covid-19,” Journl of Special Education Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Jember, vol. 5, no. 2, pp. 48–57, June 2022.

S. Anugerah, S. Ulfa, and A. Husna, “Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar,” JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 76–85, Oct. 2020.

F. Zulham Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. 2, no. 1, pp. 122–131, Feb 2016.

F. A. Ramadhan, A. D. Putra, and A. Surahman, “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, pp. 24–31, June 2021.

D. Sugiana and D. Muhtadi, “Augmented Reality Type QR Code : Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0,” in Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, pp. 135–140, Jan 2019

B. Etikasari, I. Widiastusti, T. Dwi Puspitasari, J. Teknologi Informasi, and P. Negeri Jember, “Konferensi Nasional Sistem Informasi,” 2018.

Diterbitkan

2023-03-24

Cara Mengutip

Puspitasari, T. D. ., Kurniasari , L. ., Kurniasari , A. A. ., Sukmawati , B. ., & Salmah, U. . (2023). Pelatihan Pembelajaran Aplikasi ARIOT Sebagai Media Permainan Edukasi Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Tuna Rungu . NaCosVi : Polije Proceedings Series, 5(1), 104–110. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/379

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.