Meningkatkan Safety Awareness pada Karyawan di Teaching Factory Engineering Crerative Corner (TeFa ECC)
Increasing Safety Awareness for Employees at the Teaching Factory Engineering Creative Corner (TeFa ECC)
Kata Kunci:
k3, safety awareness, hiradcAbstrak
Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi yang dalam pembelajarannya lebih bersifat praktis, perbandingan teori dan praktik dalam lingkup pendidikan di Politeknik sekitar 30% : 70%. Riset, pendidikan, dan inovasi adalah tiga penggerak mendasar dan sangat saling bergantung dari masyarakat berbasis pengetahuan. Maka dari itu teaching factory diadakan dengan tujuan untuk mengintegrasikan kegiatan pendidikan, penelitian, dan inovasi secara efektif ke dalam satu inisiatif, yang melibatkan industri dan akademisi. Sebagai sebuah unit produksi, teaching factory membutuhkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang tepat agar proses produksi dapat berjalan dengan aman. Kondisi saat ini teaching factory engineering creative corner belum memiliki manajemen K3 yang baik, penanggung jawab workshop serta teknisi belum pernah mendapatkan pelatihan terkait K3 dan kelengkapan fasilitas untuk mitigasi emergency belum memadai. Oleh karena itu manajemen K3 perlu diterapkan pada workshop, melalui program PNBP ini dilakukan penyuluhan terkait bahaya dan risiko yang terdapat di workshop, bimbingan pembuatan Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) dan pengadaan alat pemadam api ringan (APAR) pada workshop dengan potensi risiko tinggi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini teknisi dan penanggung jawab workshop mampu menganalisis bahaya dan risiko yang terdapat di tempat kerja, mampu mengendalikan bahaya yang ada agar dapat mengurangi risiko sesuai dengan hierarchy of control, mampu membuat HIRADC dengan matrtiks 5x5, serta mengetahui peraturan-peraturan terkait K3 di tempat kerja
Unduhan
Referensi
G. Chryssolouris, D. Mavrikios, and L. Rentzos, “The Teaching Factory: A Manufacturing Education Paradigm,” in Procedia CIRP, Elsevier B.V., 2016, pp. 44–48. doi: 10.1016/j.procir.2016.11.009.
L. Rentzos, M. Doukas, D. Mavrikios, D. Mourtzis, and G. Chryssolouris, “Integrating manufacturing education with industrial practice using teaching factory paradigm: A construction equipment application,” in Procedia CIRP, Elsevier B.V., 2014, pp. 189–194. doi: 10.1016/j.procir.2014.01.126.
D. Mourtzis, N. Panopoulos, J. Angelopoulos, S. Zygomalas, G. Dimitrakopoulos, and P. Stavropoulos, “A Hybrid Teaching Factory Model for Supporting the Educational Process in COVID-19 era,” in Procedia CIRP, Elsevier B.V., 2021, pp. 1626–1631. doi: 10.1016/j.procir.2021.11.274.
Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : Per.04/Men/1980.