Diseminasi Digital Learning Platform di SMPN 12 Jember untuk Mendukung Penerapan Blended Learning
Keywords:
dlp, lms, blanded-learningAbstract
Implementasi teknologi digital dalam proses pembelajaran berupa Digital Learning Platform (DLP) dimana salah satunya adalah Learning Management System (LMS). Platform pembelajaran digital dapat mendukung semua jenis pembelajaran, yaitu pembelajaran online, pembelajaran di kelas, dan blended learning. Implementasi ini menjadi penting dengan memperhatikan permasalahan yang ditemukan pada mitra adalah, keplorasi terhadap pembelajaran perlu ditingkatkan. Pengabdian ini bertujuan mendesiminasikan Digital Learning Platform (DLP) di SMPN 12 Jember. Pengabdian ini akan mengembangkan platform DLP yang ditunjukkan sebagai media belajar untuk blanded-learning, berdasarkan penelitian blanded-learning mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini juga ditunjang dengan kelebihan yang dimiliki DLP berupa: (a) Kemudahan dalam mengakses informasi selama 24 jam, (b) Memungkinkan lembaga pendidikan memperbarui konten kursus secara cepat dan hemat, (c) Memungkinkan pendidik untuk membuat, mengelola, dan mengunduh hasil belajar (penilaian) peserta didik dengan mudah serta cepat, (d) Dapat menggunakan media pembelajaran (multimedia), (e) Mendorong semangat belajar mandiri bagi peserta didik. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada SMPN 12 Jember ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra sekaligus memperluas pamanfaatan DLP diberbagai tingkat pendidikan yang ada di Kab. Jember.
Downloads
References
Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, vol. 36. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Y. Zhao and Z. Lu, “Study on the Application of Multimedia Network Teaching Platform in College Physical Education Teaching,” Int. J. Signal Process. Image Process. Pattern Recognit., vol. 9, no. 4, pp. 193–202, 2016, doi: 10.14257/ijsip.2016.9.4.18.
K. Bouraqia, E. Sabir, M. Sadik, and L. Ladid, “Quality of Experience for Streaming Services: Measurements, Challenges and Insights,” IEEE Access, vol. 8, pp. 13341–13361, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2965099.
P. R. S. Borges and I. F. Silveira, “Adding and Segmenting Educational Videos: Experiences of Teacher Users in an Educational Portal,” IEEE Access, vol. 7, pp. 87996–88011, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2924946.
N. Hoic-bozic, V. Mornar, I. Boticki, and S. Member, “A Blended Learning Approach to Course Design and Implementation,” vol. 52, no. 1, pp. 19–30, 2009.
A. Prof and S. Meejaleum, “The Construction of the online-learning in a group activity using blended learning on the information communication and network system at Grade 9,” no. Icctd, pp. 389–392, 2010.
“Metode Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat,” 2017, doi: 10.17605/OSF.IO/R3EV2.
N. Mumbai and O. Support, “Future Trends in E-Learning,” pp. 170–173, 2010.
S. Irmalia and Anggraini, “Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa,” Prem. Educ., vol. 1, no. 02, pp. 100–109, 2016.