Optimalisasi Pemasaran Digital Bagi Teaching Factory (TEFA) Coffee and Bakery Politeknik Negeri Jember

Digital Marketing Optimalization for Coffee and Bakery Teaching Factory (TEFA) of Politeknik Negeri Jember

Penulis

  • Nur Afni Rachman Politeknik Negeri Jember
  • Peni Arianita Wardani
  • Muhamad Farhan
  • Suyik Binarkaheni
  • Asep Samsudin

Kata Kunci:

teaching factory, pemasaran digital, branding

Abstrak

Teaching Factory (TEFA) Bakery and Coffee merupakan unit bisnis Politeknik Negeri Jember yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman. Unit ini menjual aneka minuman olahan kopi dan makanan ringan berupa roti yang diproduksi secara mandiri. TEFA Bakery and Coffee memiliki produk-produk yang bercita rasa dan berkualitas tinggi. Permasalahannya, produk TEFA Bakery and Coffee ini hanya dipasarkan dan dijual secara konvensional di sebuah cafe.  Meskipun TEFA Bakery and Coffee sendiri sudah memiliki media sosial dan market place namun pemanfaatannya masih kurang optimal. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan branding dan pemasaran digital agar produk TEFA Bakery and Coffee lebih dikenal baik di dalam maupun luar Kabupaten Jember. Sasaran kegiatan ini yaitu karyawan TEFA Bakery and Coffee khususnya yang menangani pengelolaan media sosial dan market place. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap persiapan kegiatan, assesment awal, pembenahan branding produk, pelatihan foto produk, pelatihan optimalisasi media sosial, pelatihan optimalisasi market place, dan evaluasi.  Hasil dari pengabdian ini berupa peningkatakan kemampuan karyawan TEFA Bakery and Coffee dalam penciptaan foto produk serta penggunaan marketing tools yang tepat untuk pengoptimalan media sosial dan market place

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

. TEFA edutourism. (2022). Sekilas Berdirinya Tefa Edutourism. (online). Available : http://virtual.wisatakl.com/about

. Somantri, S. (2021). Optimalisasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Donat Topping. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(2). https://doi.org/10.36418/comserva.v1i2.10

. Aziz, F., Setyorini, R., Soedarsono, D. K., Hidayat, A. M., Sisilia, K., Hendriyanto, R., Muhamad, W., Agung, A. A. G., & Sisilia, K. (2022). Pemberdayaan Komunitas UMKM Gayatri Mahardika Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital dan ECommerce di Era New Normal. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.394

. Utomo, T. P. (2022). Optimalisasi Media Sosial untuk Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi | Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.

. Fanaqi, C., Pratiwi, R. M., & Firmansyah, F. (2020). Strategi Branding Pelaku Usaha Pariwisata di Masa Pandemi. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(4). https://doi.org/10.35899/biej.v2i4.172

. Dewi, I. C., & Hartiningtyas, L. (2022). Pengaruh Foto Produk, Lokasi dan Pengalaman Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Khoyiir Store Tulungagung. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 20(1).

. Arcikasari, G. O., & Nurhidayati, M. (2021). Inovasi Foto Produk sebagai Media Promosi Online dalam Meningkatkan Nilai Jual Produk UMKM Boku “Ciptoroso” di Lingkungan Ampenan Kelurahan Tonatan Ponorogo. PRODIMAS: Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1(2).

. Adrian, D., & Mulyadi, M. R. (2020). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2).

https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195

. Margaretha, Y., Harianti, A., Nur, N., Malinda, M., & Sunjaya, A. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Online dalam Rangka Optimalisasi Pemasaran Produk Khas Temiyang. Prosiding SENAPENMAS. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.13424

. Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., & Siregar, L. D. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1). https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29

. Hamid, R. S. (2022). Analisis Dampak Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Kepercayaan. Jesya, 5(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.774

. I. Krisnadi and A. Fitri. (2017). Memulai Bisnis E-Commerce dan Digital dari Nol. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 6(2).

. Rehatalanit, Y. L. R. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0).

. Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2). https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-12

Cara Mengutip

Rachman , N. A. ., Wardani , P. A. ., Farhan , M. ., Binarkaheni , S. ., & Samsudin , A. . (2024). Optimalisasi Pemasaran Digital Bagi Teaching Factory (TEFA) Coffee and Bakery Politeknik Negeri Jember: Digital Marketing Optimalization for Coffee and Bakery Teaching Factory (TEFA) of Politeknik Negeri Jember. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 284–288. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/618

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.