Diseminasi Pengembangan Konten Media Pembelajaran melalui Implementasi Content-based Instruction

Dissemination of Learning Media Content Development through Implementation of Content-based Instruction

Penulis

  • I Gede Wiryawan Politeknik Negeri Jember
  • Dhyani Ayu Perwiraningrum
  • Fredy Eka Ardhi Pratama
  • Shabrina Choirunnisa

Kata Kunci:

konten, media pembelajaran, Content-based Instruction

Abstrak

Salah satu dampak dari pandemi covid-19 pada dunia pendidikan adalah diterapkannya pembelajaran jarak jauh atau secara dalam jaringan (daring). Namun pembelajaran jarak jauh tersebut mulai tergantikan oleh pembelajaran dengan tatap muka terbatas yang sudah diterapkan sejak sebelum masa endemi ditetapkan. Pembelajaran dengan tatap muka terbatas ini tentunya tidak bisa mengesampingkan pembelajaran jarak jauh yang telah menjadi kebiasaan sebelumnya di masa pandemi. Bahan materi dalam media pembelajaran yang banyak digunakan sebelumnya tersebut ialah bahan yang berupa konten. Konten yang edukatif masih dapat digunakan dalam pembelajaran dengan tatap muka terbatas. Pada artikel ini dilaksanakan kegiatan pengabdian yang mendiseminasikan pengembangan konten untuk media pembelajaran pada sekolah tingkat menengah di Kabupaten Jember. Pengembangan konten ini didiseminasikan melalui implementasi Content-based Instruction yang sudah banyak diteliti sebelumnya. Peningkatan ketrampilan tenaga pendidik dalam membuat konten untuk media pembelajarannya menjadi target dari kegiatan ini. Lebih dari 20 tenaga pendidik mengikuti kegiatan ini merasakan kemudahan dalam membuat konten media untuk pembelajaran dengan tatap muka terbatas. Pemanfaatan perangkat bantu berbasis content-based learning juga semakin mempermudah, dan mengefisienkan waktu dan tenaga dalam menyiapkan ilustrasi-ilustrasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam konten media pembelajaran. Kedepannya diharapkan masih ada inovasi yang lebih menarik lagi sehingga meningkatkan pengalaman belajar peserta didik dalam menempuh pendidikan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

C. I. Tim Redaksi, “Luhut Datang Bawa Kabar Bahagia, Indonesia Menuju Endemi?” https://www.cnbcindonesia.com/news/20220307083117-4-320456/luhut-datang-bawa-kabar-bahagia-indonesia-menuju-endemi (accessed Mar. 08, 2022).

H. K. N. Sumartiningtyas, “Apa Itu Endemi dan Bedanya dengan Pandemi? Pakar Sebut Covid-19 akan Jadi Endemi Halaman all - Kompas.com.” https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/21/190300323/apa-itu-endemi-dan-bedanya-dengan-pandemi-pakar-sebut-covid-19-akan-jadi?page=all.

A. D. Darmawan, “Total Kematian Covid-19 Indonesia Urutan Ke-2 di Asia,” databoks, 2022.

S. Baa, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Model Terpadu (Integrated) Melalui Pendekatan ‘Content-Based Instruction (CBI)’Siswa SMK di Sulawesi Selatan,” Semin. Nas. LP2M UNM, vol. 2, no. 1, pp. 466–470, 2017, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4065.

L. Mahsar, “Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Content-Based Instruction (CBI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram,” Media Bina Ilm., vol. 16, no. July, pp. 1–23, 2020.

N. A. Reissa, M. F. Matin, and F. Nurdianingsih, “The Implementation Of Content-Based Instruction In Science Teaching And Learning Process : A Case Study At First Grades in Academic Year of 2020/2021 MI ICP Nurul Ulum Bojonegoro,” pp. 1–10, 2021.

M. Natsir and B. Saragih, “Implementation of Content-Based Instruction Approach in Teaching English for Maritime at Vocational High School Pelayaran Buana Bahari,” Randwick Int. Educ. Linguist. Sci. J., vol. 3, no. 3, pp. 488–496, 2022, doi: 10.47175/rielsj.v3i3.536.

A. Yolanda and D. I. Purwaningsih, “Pengembangan Media Ajar Kartu Perawat dengan Pendekatan Content-Based Instruction,” J. Pendidik. Bhs., vol. 11, no. 1, pp. 37–51, 2022, doi: 10.31571/bahasa.v11i1.3172.

A. Syafii, B. Sugandi, and W. P. Sari, “Lihai Berbahasa Iinggris Melalui Inovasi Metode Content Based Instructional di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Era Merdeka Belajar,” Wahana Didakt., pp. 452–463, 2023.

P. Destarianto, I. G. Wiryawan, and E. Mulyadi, “Diseminasi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Masa Pandemi Di SMP Negeri 2 Arjasa Jurusan Teknologi Informasi , Politeknik Negeri Jember , Jalan Mastrip PO BOX 164 , Jember , 68101 PENDAHULUAN Kondisi pandemi telah menguba,” in Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 2021, vol. 7, no. 3, pp. 318–325.

I. G. Wiryawan, S. Choirunnisa, and ..., “Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Internet sebagai upaya Menunjang Implementasi Blended Learning di Masa Pasca Pandemi,” NaCosVi Polije …, pp. 367–372, 2022, [Online]. Available: https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/424.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-12

Cara Mengutip

Wiryawan, I. G. ., Perwiraningrum, D. A. ., Pratama, F. E. A. ., & Choirunnisa, S. . (2024). Diseminasi Pengembangan Konten Media Pembelajaran melalui Implementasi Content-based Instruction: Dissemination of Learning Media Content Development through Implementation of Content-based Instruction. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 171–176. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/599

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama