Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek
Optimizing The Students ‘Motivation Through The Use of Artificial Intelligence in Project Based Learning
Kata Kunci:
Project Based Learning, Artificial Intelligence, Guru Bahasa InggrisAbstrak
Dalam pembelajaran berbasis proyek, para guru dituntut untuk memfasilitasi para siswa dengan baik dan runtut berdasarkan langkah-langkah yang telah ditentukan. Dalam hal ini, siswa tidak hanya belajar teori secara pasif, tetapi juga aktif terlibat dalam menyelesaikan masalah atau mencipatakan sesuatu melalui proyek yang mereka kerjakan. Runtutan kegiatan dalam pembelajaran berbasis proyek ini adalah melakukan penelitian, eksperimen, kolaborasi dan presentasi. Kegiatan ini tidak mudah dilakukan karena tidak bisa diselesaikan dalam kurun waktu yang singkat. Dalam hal ini, para guru mata pelajaran Bahasa Inggris yang tergabung dalam Komunitas Guru Bahasa Inggris banyak mengalami kebingungan dalam memberikan aktifitas yang menantang dan menyenangkan bagi siswa. Oleh karena itu agar implementasi Project Based Learning lebih optimal maka guru dapat memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam berbagai format antara lain Readlang dan skylab. Tim pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat telah memberikan pelatihan kepada Komunitas Guru Bahasa Inggris tentang pemanfaatan Artificial Intelligence dalam pembelajaran berbasis proyek. Guru-guru dibimbing dalam menyusun materi pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan AI dan mengimplementasikan berbagai jenis teknologi AI. Diharapkan bahwa dengan menerapkan metode ini, minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris akan meningkat, serta siswa akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih menggunakan bahasa Inggris secara aktif di kelas
Unduhan
Referensi
M. Zaim, "Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesional dalam Kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMA Sumatera Barat," Bahasa dan Seni, vol. 12, no. 1, 2011.
F. Wijayanti and A. B. Budi, "Building University Students' Awareness of Socio-Pragmatic Meaning: Socio-Pragmatically Oriented Speaking Tasks," Asia Tefl, vol. 18, no. 2, 2021.
A. Zsuzsanna, "Say What? L2 Sociopragmatic Competence in CMC: Skill Transfer and Development," CALICO, vol. 30, no. 3, pp. 423-445, 2013.
B.-H. K, "Developing L2 Pragmatics," Language Learning, vol. 63, no. 1, pp. 68-86, 2013.
F. Wijayanti, A. H. Miqawati, A. S. Budi, C. Zuhro and N. Susanti, "Pelatihan Variasi Asesmen yang menyenangkan Bagi Guru-Guru di MGMP Bahasa Inggris," Pustaka Mitra, vol. 3, no. 4, pp. 170-175, 2023.
S.Ertmer and A.Ottenbreit-Leftwich, "Teacher Technology Change: How Knowledge, Confidence, Beliefs, and Culture Intersect," Research on Technology in Education, vol. 42, no. 3, pp. 255-284, 2010.