Perancangan Etalase Virtual Produk Tefa (JTI Innovation) Politeknik Negeri Jember

Penulis

  • Hermawan Arif Putranto Politeknik Negeri Jember
  • Taufiq Rizaldi Politeknik Negeri Jember
  • Faisal Lutfi Afriansyah Politeknik Negeri Jember
  • Pramudhita Shinta Dewi Puspitasari Politeknik Negeri Jember

Kata Kunci:

etalase virtual, JTI Innovation, search engine optimization

Abstrak

Keberadaan JTI Innovation sebagai pusat Teaching Factory di Jurusan Teknologi Informasi bergerak di bidang teknologi informasi. Potensi JTI Innovation (JTI Inova) berkembang sangat besar, akan tetapi potensi tersebut masih terkendala beberapa permasalahan seperti pemasaran dimana banyak civitas akademis baik dari Jurusan Teknologi Informasi dan Politeknik Negeri Jember serta masyarakat umum yang belum mengetahui jenis layanan atau produk dari JTI Inova, dari sisi manajemen belum adanya sistem untuk melakukan rekapitulasi dan pelaporan produk. JTI Inova membutuhkan platform pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengenalkan dan memasarkan produknya. Penulis mengusulkan solusi pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu sebuah pembuatan Etalase Virtual untuk mendukung proses manajemen terutama untuk manajemen rekapitulasi dan pelaporan produk serta pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO). Solusi yang diberikan untuk mendukung proses marketing, sehingga mengoptimalkan kegiatan pemasaran melalui teknologi informasi. Etalase Virtual, JTI Innovation memiliki daya tarik tersendiri, yang memberikan nilai tambah dalam mengelola dan mengenalkan produk Teaching Factory. Selain itu, dengan Etalase Virtual diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan manajerial dan pemasaran serta menjadi model sistem yang dapat diterapkan pada TeFa lain yang berada pada lingkup Politeknik Negeri Jember.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. Kotler, Marketing Management, New Jersey: Prentice Hall, 2000.

D. S, Perancangan E-Etalase Hasil Karya Innovatif Siswa Smk Negeri 1 Ampek Angkek Berbasis Android, Bukit Tinggi: Institut Agama Islam Negeri Bukit Tinggi, 2020.

I. Rahayu, Orientasi Social Media Dan Penciptaan Pengetahuan Ukm Di Era Covid-19 : Perspektif Mix Methods, Semarang: Universitas Islam Sultan Agung, 2021.

Y. N. K. Novi Arnita Oktafia, "Komparasi Model Pembelajaran Teaching Factory Dengan Project Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar," Jurnal Pendidikan Informatika, Vol. 3, No. 2, P. 76, 2019.

N. Andi Wijaya, "Pelatihan Membuat Rencana Bisnis (Business Plan) Pada Karyawan Pt Mandiri Pratama Ruslim Di Tangerang," Serina: Prosiding Seri Seminar Nasional, Vol. 2, No. 1, Pp. 831-836, 2022.

E. N. Fatkhul Amin, "Optimasi Website Penjualan Buku Menggunakan Metode Search Engine Optimization (Seo) On Page Dan Seo Off Page," Sendi_U, Pp. 301-311, 2019.

A. M. M. W. K. Bustanol Arifin, "Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran," Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, Pp. 1-7, 2019.

I. G. S. M. D. Fityan Hanif Assalmi, "Analisis Website Monstermac Berbasis Digital Marketing Dan Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran," Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, Vol. 7, No. 4, Pp. 332-342, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Arif Putranto, H., Rizaldi, T., Lutfi Afriansyah, F., & Shinta Dewi Puspitasari, P. . (2023). Perancangan Etalase Virtual Produk Tefa (JTI Innovation) Politeknik Negeri Jember. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 501–506. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/663

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.