Peningkatan Kualitas Produk Di Umkm Teh Bunga Rosella Guna Mendukung Daya Saing Minuman Khas Lereng Wilis Kediri
Improving Product Quality at the Rosella Flower Tea Umkm to Support the Competitiveness of the Typical Beverage of Slope Wilis Kediri
Kata Kunci:
Kualitas, Rosella, Daya Saing ProdukAbstrak
Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam memiliki potensi besar pada setiap hasil hutan, laut, kebun, maupun minyak bumi. Keberadaan kekayaan tersebut tersebar pada setiap wilayah. Salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan sumber daya alam terutama hasil kebunnya adalah Kabupaten Kediri. Kabupaten Kediri memiliki potensi besar pada hasil kebun berupa teh rosella yang terletak di lereng gunung wilis tepatnya di Kecamatan Semen. Potensi ekonomis dan nilai tambah yang cukup tinggi dibanding komoditas lain menjadikan tanaman rosella mempunyai peran strategik terutama dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam pengolahan produk dari rosella. UMKM Anugerah Alam Wilis yang menjadi mitra pengusul merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Kediri yang memproduksi teh bunga rosella kelopak merah dan kelopak ungu. Mitra memiliki kendala manajemen seperti masih rendahnya pengetahuan tentang manajemen pengelolaan usaha yang profesional dalam administrasi, manajemen keuangan usaha, dan strategi pemasaran produk yang kompetitif, sehingga perlu adanya bimbingan teknis untuk pengelolaan usaha yang terencana dengan baik dan professional. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) yang melibatkan peran aktif pelaku usaha UMKM Anugerah Alami Wilis sebagai subyek dan obyek program dalam seluruh tahapan program (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) dengan pendampingan intensif. Melalui program Doktor Mengabdi (DM) Institusi Universitas Brawijaya berupaya untuk melakukan pendampingan terkait peningkatan kualitas produk olahan rosella dalam bentuk pendampingan manajemen yang dilakukan pada UMKM yang terletak di Lereng Wilis Kabupaten Kediri. Setelah dilakukan pendampingan, UMKM Anugerah Wilis melakukan pembenahan pada manajemen usaha dan keuangan sehingga menghasikan strategi produksi dan penjualan yang baru. Hal tersebut menghasilkan peningkatan dalam penjualan produk teh rosela dari UMKM Anugerah Wilis hingga 60% setiap bulan
Unduhan
Referensi
. Yunitasari R dan Sumarji. 2018. Strategi Pengembangan Agribisnis Rosela (Hibiscuss sabdariffa L) di Kabupaten Tulungagung. Magister Agribisnis 18(2): 54-68.
. Pramana H. H. 2022. Bangkit dari pandemi, kompetisi bunga Rosella digelar di Kediri. https://www.antaranews.com/berita/2785485/bangkit-dari-pandemi-kompetisi-bunga-rosella-digelar-di-kediri . Diakses 10 Februari 2023.
. Joko, S. 2019. Catatan Ekspedisi Wilis I, Potensi Wisata Pegunungan Wilis (14). https://radarkediri.jawapos.com/events/02/02/2019/catatan-ekspedisi-wilis-i-potensi-wisata-pegunungan-wilis-14/ . Diakses 10 Februari 2023
. Syahidah, A., Agustina I N, Retno W. 2022. Sifat kimia dan organoleptik bubuk teh bunga rosella merah (Hibiscus sabdariffa Linn.) dengan variasi waktu pengeringan oven. Journal of Food and Agricultural Product Vol 2. No.1 Tahun 2022
. Maryani, H dan L. Kristina. 2005. Khasiat dan Manfaat Rosela. Agromedia Pustaka.
. Wijandari, A. dan Sumilah, N. 2021.” Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKMKecamatan Cileungsi”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1): 61 – 64.
. Winarti, Sri dan Adurrozaq Firdaus. 2010.”Stabilitas Warna Merah Ekstrak Bunga Rosella untuk Pewarna Makanan dan Minuman”. Jurnal Teknologi Pertanian Vol. 11 No. 2. Jurusan Teknologi Pangan Fakultas Teknik Industri Uiversitas Pembangunan Nasional “Veteran” Surabaya. Agrina. 2009. Rosella. http://www.agrinaonline.com. Diakses pada tanggal 10 februari 2023