Diseminasi Digital Content Based Learning Platform (DCBLP) untuk Mendukung Penerapan Problem Based Learning (PBL) di SMPN 8 Jember

Dissemination of Digital Content Based Learning Platform (DCBLP) to Support the Implementation of Problem Based Learning (PBL) at SMPN 8 Jember

Penulis

  • Rani Purbaningtyas
  • Prawidya Destarianto Politeknik Negeri Jember
  • Nugroho Setyo Wibowo
  • Denny Wijanarko

Kata Kunci:

Pembelajaran, Digital Content Based Learning Platform

Abstrak

Desember 2019 muncul wabah pneumonia dari etiologi yang sebelumnya tidak diketahui di Wuhan, Cina. Sebuah virus corona baru diidentifikasi sebagai virus penyebabnya, yang kemudian dinamai 2019   nCoV oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Perkembangan selanjutnya pandemi telah memasuki babak baru yaitu Endemi. Endemi sendiri merupakan status wabah penyakit yang tingkat penularannya dapat diprediksi. Munculnya pandemi dan endemi ini memaksa dunia pendidikan khususnya di SMPN 8 harus beradaptasi. Perubahan ini berupa perubahan dari paradigma lama pembelajaran yang masih terbatas pada ruang kelas, dimana guru menjadi sumber utama pengetahuan. Beralih pada paradigma pemanfaatan teknologi digital dalam sistem pembelajaran. Implementasi teknologi digital dalam proses pembelajaran berupa Digital Content Based Learning Platform  dimana didalamnya terdapat Learning Management System (LMS). Hal ini beracu pada keunggulan DCBLP: a)Kemudahan dalam mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja, b)Memungkinkan lembaga pendidikan memperbarui konten kursus secara cepat dan hemat, c) Memungkinkan pendidik untuk membuat, mengelola, dan mengunduh hasil belajar d) Dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang lebih menarik, e)Mendorong semangat belajar mandiri bagi peserta didik. SMPN 8 Jember ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan: a)Meningkatkan pengetahuan mengenai teknologi informasi untuk media pembelajaran, b)Meningkatkan keterampilan didalam memanfaatkan DCBLP, c)Memudahkan tata kelola aktivitas pembelajaran, d)Meningkatkan pelayanan pendidikan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

“Luhut Datang Bawa Kabar Bahagia, Indonesia Menuju Endemi?” https://www.cnbcindonesia.com/news/20220307083117-4-320456/luhut-datang-bawa-kabar-bahagia-indonesia-menuju-endemi (accessed Mar. 08, 2022).

“Apa Itu Endemi dan Bedanya dengan Pandemi? Pakar Sebut Covid-19 akan Jadi Endemi Halaman all - Kompas.com.” https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/21/190300323/apa-itu-endemi-dan-bedanya-dengan-pandemi-pakar-sebut-covid-19-akan-jadi?page=all (accessed Mar. 08, 2022).

Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, vol. 36. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Y. Zhao and Z. Lu, “Study on the Application of Multimedia Network Teaching Platform in College Physical Education Teaching,” Int. J. Signal Process. Image Process. Pattern Recognit., vol. 9, no. 4, pp. 193–202, 2016, doi: 10.14257/ijsip.2016.9.4.18.

N. Hoic-bozic, V. Mornar, I. Boticki, and S. Member, “A Blended Learning Approach to Course Design and Implementation,” vol. 52, no. 1, pp. 19–30, 2009.

A. Prof and S. Meejaleum, “The Construction of the online-learning in a group activity using blended learning on the information communication and network system at Grade 9,” no. Icctd, pp. 389–392, 2010.

W. Wang, J. Tang, and F. Wei, “Updated understanding of the outbreak of 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) in Wuhan, China,” J. Med. Virol., vol. 92, no. 4, pp. 441–447, 2020, doi: 10.1002/jmv.25689.

BNPB, “Situasi Virus Corona (COVID-19) 27 Maret 2020,” https://www.covid19.go.id/, 2020. https://www.covid19.go.id/ (accessed Mar. 27, 2020).

K. Bouraqia, E. Sabir, M. Sadik, and L. Ladid, “Quality of Experience for Streaming Services: Measurements, Challenges and Insights,” IEEE Access, vol. 8, pp. 13341–13361, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2965099.

P. R. S. Borges and I. F. Silveira, “Adding and Segmenting Educational Videos: Experiences of Teacher Users in an Educational Portal,” IEEE Access, vol. 7, pp. 87996–88011, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2924946.

N. Mumbai and O. Support, “Future Trends in E-Learning,” pp. 170–173, 2010.

S. Irmalia and Anggraini, “Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa,” Prem. Educ., vol. 1, no. 02, pp. 100–109, 2016.

N. Ghatasheh, “Knowledge Level Assessment in e-Learning Systems Using Machine Learning and User Activity Analysis,” no. April, 2015, doi: 10.14569/IJACSA.2015.060415.

“Metode Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat,” 2017, doi: 10.17605/OSF.IO/R3EV2.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-15

Cara Mengutip

Purbaningtyas, R. ., Destarianto, P., Wibowo, N. S., & Wijanarko, D. (2024). Diseminasi Digital Content Based Learning Platform (DCBLP) untuk Mendukung Penerapan Problem Based Learning (PBL) di SMPN 8 Jember: Dissemination of Digital Content Based Learning Platform (DCBLP) to Support the Implementation of Problem Based Learning (PBL) at SMPN 8 Jember . NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 344–348. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/629

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama