Pelatihan Pemanfaatan Media Gamifikasi Online untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Mas Yasrama Secara Daring selama Masa Pandemi Covid-19)

Penulis

  • Fitri Wijayanti Politeknik Negeri Jember
  • Alfi Hidayatu Miqawati Politeknik Negeri Jember
  • Suyik Binarkaheni Politeknik Negeri Jember

Kata Kunci:

Cram, Elsa Speak, Kahoot

Abstrak

Situasi pandemi COVID-19 telah berdampak luas dalam berbagai bidang, terutama bidang pendidikan. Semua sekolah dituntut untuk menjalankan program kelas daring. Begitu juga dengan salah satu Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Yasrama di kabupaten Jember. Pihak sekolah merasa kurang siap dengan pelaksanaan kelas daring tersebut. Oleh karena itu, sekolah memutuskan menggunakan aplikasi WhatsApp. Seeiring dengan berjalan waktu, timbul beberapa permasalahan yang dihadapi oleh sekolah. Banyak siswa tidak mengumpulkan tugas yang diberikan guru. Siswa merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris karena guru hanya memberikan tugas saja. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk mendapatkan language practice sehingga akhirnya siswa menjadi jenuh. Dari permasalan mitra tersebut, maka tim pelaksana kegiatan pengabdian melakukan kegiatan pelatihan dalam memanfatkan media gamifikasi online untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa selama masa pandemic COVID 19. Hasil assessment menunjukkan hasil yang positif sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan siswa, ketrampilan siswa dan motivasi siswa meningkat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Wijayanti, F. dan Miqawati, AH. 2017. Kegiatan Optimalisasi Potensi Ketrampilan Menyimak Siswa pada Kelas Unggulan dengan Menerapkan Fun Games and Atractive Activities. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. hal. 106-10.

Miqawati, AH., dan Wijayanti, F. 2017. Optimalisasi Penggunaan Flashcards Melalui MALL (Mobile Assisted Language Learning) pada Pengajaran Pronunciation. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, hal. 179-183

Wichadee, S., and F. Pattanapichet. (2018). Enhancement of Performance and Motivation Through Application of Digital Games in an English Language Class. Teaching English with Technology 18 (1): 77–92.

Novawan, A., Aisyiyah, S., Wijayanti, F., Miqawati, AH., Indrastana, NS. (2019) Invetsigating Students’ MALL Experience In Light of An Ecological Perspective. Journal of English in Academic and Professional Communication, 5(2). P.64-75

Miqawati, AH., dan Wijayanti, F. 2018. Communicative Activities Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Survival English Anggota English Club Politeknik Negeri Jember. Prosiding SeminarNasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. Hal 24-29

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-11

Cara Mengutip

Wijayanti, F., Miqawati, A. H., & Binarkaheni, S. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Gamifikasi Online untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Mas Yasrama Secara Daring selama Masa Pandemi Covid-19). NaCosVi : Polije Proceedings Series, 4(1), 89–92. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/113