Pelatihan Pembuatan Multilingual Video Branding sebagai Media Promosi Hotel pada UPT Wisata Rembangan Terpadu

Training of Multilingual Video Making as a Promotional Medium of Hotel UPT Wisata Rembangan Terpadu

Penulis

  • Renata Kenanga Rinda Politeknik Negeri Jember
  • Nodistya Septian Indrastana
  • Meiga Rahmanita
  • Vigo Dewangga
  • Nila Susanti

Kata Kunci:

bahasa Inggris, multilingual, promosi, video branding

Abstrak

Hotel Rembangan merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai fasilitas dapat dinikmati pengunjung domestik maupun mancanegara. Namun, terhitung sejak 3 tahun terakhir, jumlah wisatawan yang menginap di hotel tersebut mengalami penurunan. Hasil analisis dari wawancara kepada Kepala UPT Wisata Rembangan Terpadu, observasi lapangan, dan survei terhadap karyawan menunjukkan bahwa penyebab dari kondisi tersebut adalah: 1) belum optimalnya penggunaan media promosi sebagai representasi dari Hotel Rembangan 2) belum optimalnya penguasaan bahasa oleh karyawan sebagai alat komunikasi profesional terhadap wisatawan. Guna mengatasi kedua masalah tersebut, program pengabdian ini menawarkan solusi yaitu: 1) pendampingan pembuatan media promosi berupa video branding dan 2) pendampingan penulisan narasi video dalam tiga bahasa meliputi Inggris, Indonesia, dan Madura. Bahasa Inggris dipilih guna menarik wisatawan mancanegara, bahasa Indonesia digunakan sebagai sarana menarik wisatawan domestik, sementara bahasa Madura digunakan sebagai penghargaan terhadap kearifan lokal masyarakat setempat. Kegiatan tersebut dilakukan dalam tiga tahap: 1) persiapan, 2) pelaksanaan, dan 3) penutupan. Dari proses yang telah dilaksanakan maka dihasilkan sebuat video branding dengan narasi berbahasa Inggris dan terjemahan dalam bahasa Indonesia dan Madura. Dengan adanya pelatihan dan produk multilingual video branding yang telah dibuat, maka masalah yang dihadapi Hotel Rembangan terkait dengan kepemilikan media promosi serta peningkatan kemampuan
bahasa Inggris dapat teratasi. Selain itu, diharapkan hal tersebut akan berimplikasi terhadap naiknya jumlah kunjungan di Hotel Rembangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Nurhayati, Y. and Fauziah, Rancang Bangun Sistem Informasi Pemerintahan Desa Untuk Peningkatan Pelayanan Berbasis Web dan Android Journal Uniku, 2019. 5(2): p. 44-51.

Kusuma, S.S., et al., Pendampingan dan Pembuatan Video Profile untuk Promosi Wisata Desa Cisantana Kabupaten Kuningan Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2020. 3(2): p. 81-88.

Sari, W.E., et al., Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2021. 4(1): p. 10-18.

Sunarya, L., A.D. Purbayani, and N. Handayani, Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat. TMJ (Technomedia Journal) Vol, 2021. 5: p. 220.

Utomo, C.P. and W.F. Hutahaean, Efektifitas Mempopulerkan Tempat Wisata Di Tangerang Melalui Media Sosial Youtube. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science. 4(1): p. 53-66.

Tönsing, K.M. and G. Soto, Multilingualism and augmentative and alternative communication: examining language ideology and resulting practices.

Augmentative and Alternative Communication, 2020. 36(3): p. 190-201.

Kusuma, S.S., et al., Pendampingan dan Pembuatan Video Profile untuk Promosi Wisata Desa Cisantana Kabupaten Kuningan Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2020. 3(2): p. 81-88.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-15

Cara Mengutip

Rinda, R. K. ., Indrastana, N. S. ., Rahmanita, M. ., Dewangga, V. ., & Susanti, N. . (2024). Pelatihan Pembuatan Multilingual Video Branding sebagai Media Promosi Hotel pada UPT Wisata Rembangan Terpadu: Training of Multilingual Video Making as a Promotional Medium of Hotel UPT Wisata Rembangan Terpadu. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 353–359. Diambil dari https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/631