Penguatan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Website untuk Meningkatkan Layanan Bisnis Resto Kemuning

Strengthening Website-Based Financial Information System to Improve Kemuning Restaurant Business Services

Authors

  • Ratih Ayuninghemi
  • Endro Sugiartono
  • Alwan Abdurahman
  • Amar Subagiyo

Keywords:

sistem informasi keuangan, website, layanan bisnis, teaching factory

Abstract

Teaching Factory (TeFa) Resto Kemuning Polije yang bertempat di desa Kemuning Lor, berada pada arah menuju destinasi wisata Rembangan. Berdasarkan survey pendahuluan diperoleh informasi bahwa kondisi TeFa Resto Kemuning masih belum terlihat optimal dalam hal kinerja tata kelola keuangan, sehingga kurang optimalnya pelayanan kepada konsumen, serta sebagai daya tarik tersendiri bagi TeFa Resto Kemuning dalam hal penerapan modernisasi teknologi dan perkembangan jaman digitalisasi. Hal tersebut dikarenakan dari kurangnya kemampuan sumber dayanya dalam hal pengadaan dan penguasaan sistem informasi di TeFa Resto Kemuning itu sendiri.  Terdapat beberapa permasalahan di TeFa Resto Kemuning adalah: kurang optimalnya kinerja tata kelola keuangan; sistem pemesanan (reservasi dan menu) serta pembayaran yang masih manual. Solusi permasalahan dan uraian singkat yang dilakukan dan ditawarkan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan dan pembuatan sistem informasi keuangan berbasis website, guna dapat menampilkan reservasi, daftar menu, serta proses pembayarannya. Untuk jadwal pemesanan yang tersedia dapat dipilih dengan memasukkan alamat dan selanjutnya melakukan pembayaran secara online. Kondisi inilah yang membuat tim pengabdian bermaksud melakukan kegiatan pengabdian dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kinerja TeFa Resto Kemuning dalam hal penguatan sistem informasi sebagai inovasi pendukung kinerja bisnis dan daya tarik pengunjung yang sekaligus sebagai pengembangan unit bisnis

Downloads

Download data is not yet available.

References

P3M Polije, Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat, Edisi Voka. Jember: Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Jember, 2023.

B. P. Y. Kurniawan, E. Sugiartono, R. Ayuninghemi, and A. Galushasti, “Penguatan Tata Kelola Keuangan Berbasis Android pada Rumah Kopi Banjarsengon ( RKB ) Jember,” in National Conference for Community Service (NaCosVi), 2023, pp. 232–238.

B. P. Y. Kurniawan, T. Hidayat, and E. Sugiartono, “Model Teoritik Baru Peningkatan Kinerja Industri Pengolahan Kopi Jember: Suatu Perspektif Planned Behavior Teory.” PNBP Politeknik Negeri Jember, 2021.

T. Hidayat, R. S. Mahanani, E. Sugiartono, and B. P. Y. Kurniawan, “Sustainable Competitive Advantages in Developing Theoretical Models of Business Performance,” in 2nd International Conference on Social Science, Humanity and Public Health, 2022, pp. 103–115. doi: 10.2991/assehr.k.220207.018.

R. Ayuninghemi, N. Sjamsijah, D. Bitari, M. Yuana, and L. Perdanasari, “Image Segmentation for Oyster Mushroom Grade with Canny Detection for Image Classification,” Int. J. Artif. Intelegence Res., vol. 6, no. 1, 2022, doi: 10.29099/ijair.v6i1.2.468.

Published

2024-01-19

How to Cite

Ayuninghemi, R. ., Sugiartono, E. ., Abdurahman, A. ., & Subagiyo, A. . (2024). Penguatan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Website untuk Meningkatkan Layanan Bisnis Resto Kemuning: Strengthening Website-Based Financial Information System to Improve Kemuning Restaurant Business Services. NaCosVi : Polije Proceedings Series, 6(1), 495–501. Retrieved from https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/656

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)